Tugas

 Warga indonesia diaspora bersemangat untuk pulang Untuk ramadhan, Idul Fitri

Dengan pengurangan karantina, Ramadan dan idul Fitri di rumah dengan keluarga telah menjadi kenyataan.

Ramadan sangat dikaitkan dengan pertemuan keluarga, di mana para kerabat berkumpul untuk mengakhiri puasa mereka di lingkungan yang hangat dan akrab. Karena perbatasan ditutup dan ditutup, hal ini menjadi tantangan bagi banyak orang indonesia dalam dua tahun terakhir.

Dengan semakin banyak orang yang divaksin, bepergian ke luar negeri tidak lagi dibatasi di sebagian besar dunia dan Indonesia juga telah memudahkan aturan karantinanya di banyak daerah di jawa dan Bali. Pemerintah juga telah melepaskan karantina untuk semua kedatangan asing yang telah divaksinasi sepenuhnya memasuki negara sejak 22 maret, karena setiap hari kasus coronavirus telah turun lebih dari 90 persen dari puncak pertengahan februari, Ini berarti anggota diaspora indonesia akhirnya bisa berencana untuk menghabiskan ramadhan dan Idul

Fitri in Indonesia.

Pelanggaran karantina

Wawan, yang saat ini tinggal dan bekerja di Melbourne, Australia, sebagai guru bahasa indonesia, berencana untuk pulang setelah dua tahun pergi. Dia akan dapat menghabiskan waktu bersama keluarganya di Bogor, jawa barat, dan tidak perlu membayar untuk akomodasi karantina mahal.

"Saya tidak sabar untuk pulang dan bertemu dengan keponakan - keponakan kecil saya. Saya belum melihat mereka secara pribadi untuk sementara waktu, ia berbagi. "Pada bulan desember lalu, teman-teman saya pulang dan membayar setidaknya 4.000 dolar [3.006 dolar as] untuk karantina," tambahnya. Bagi Wawan, ramadhan di negara asalnya akan jadi istimewa. Suasana dan sukacita bertatap muka dengan orang yang dicintai tidak dapat digantikan oleh panggilan Zoom.

"Saya tidak dapat menggambarkan perasaan saya sekarang tetapi saya benar-benar bersemangat untuk akhirnya dapat bertemu dengan keluarga saya," katanya. Beberapa orang akan menggunakan kesempatan untuk mengunjungi makam orang-orang terkasih mereka, bagian yang rutin dari Idul Fitri bagi banyak orang. Riska Lolita, yang awalnya dari Surabaya, jawa timur, telah pulang sejak 26 maret untuk merayakan ramadhan dan Idul Fitri bersama keluarganya.

"Sudah lama sejak terakhir kali aku mengunjungi makam orang tuaku. Aku tidak bisa sering melakukan ini karena aku tinggal di Melbourne. Saya senang makan opor ayam [ayam rebus dengan air kelapa] bersama keluarga," Riska ikut makan.

Riska bukan satu-satunya. Yudha dha tahu adalah seorang siswa internasional dari Palopo, Sulawesi selatan, yang saat ini mengambil jurusan manajemen keramahan di Melbourne politeknik dan berencana untuk pulang mengunjungi orang-orang tercinta. "Ilost bibi saya dan paman untuk COVID-19 tahun lalu.

Jadi, Ramadan dan Idul Fitri tahun ini akan berbeda. Ketika mereka meninggal, saya tidak di rumah," kata Yudha. Ramadhan dalam dua tahun terakhir bagi dia sedikit berbeda karena dia harus puas menjadi dengan sesama siswa internasional.

"Satu-satunya perbedaan adalah bahwa saya harus memasak untuk diri sendiri dan teman-teman saya, tetapi hal yang paling saya rindukan adalah berbelanja untuk Idul Fitri. Di Australia, anda tidak dapat memiliki perayaan membeli pakaian baru di toserba di Indonesia sebelum Idul Fitri." dia berbagi.

Yudha mengatakan "tidak ada yang mengalahkan" pemandangan Palopo dan makanan tradisional, khususnya kapurung (sup sayuran dengan sago dan daging atau makanan laut).

"Ini adalah makanan pokok di rumah, dan anda dapat dengan mudah menemukannya di warung makanan lokal, tetapi tidak di Melbourne." Kata Yudha. Pekerjaan dari Indonesia

Luki Nati, pengembang perangkat lunak dan anggota Stand-Up Indo-Tokyo community, berencana mengunjungi Malang, Malang, ava timur, Ramadan yang akan datang. Luki berencana untuk menghabiskan tiga bulan merayakan bulan suci dengan keluarganya

Selain dari kenyamanan perjalanan, Luki memutuskan untuk membawa pekerjaannya ke rumah. Luki telah tinggal di jepang selama empat tahun.

"Terima kasih tuhan kantor saya mengizinkan saya bekerja dari jauh untuk sementara waktu, jadi saya memiliki kesempatan untuk berkumpul kembali dengan keluarga saya," Luki berbagi. Luki menambahkan bahwa ia senang merayakan ramadhan di Indonesia tahun ini, karena waktu untuk berhenti lebih cepat. "Tahun ini di jepang, puasa berlangsung sekitar 17 jam karena ramadhan berlangsung selama musim panas. Tetapi, di Indonesia, baru 14 jam," jelasnya, dan menambahkan bahwa waktu tersulitnya adalah sahur, karena dia harus mulai dua jam lebih awal daripada kebanyakan orang Indonesia. Tetapi seperti kebanyakan orang indonesia yang merindukan perayaan Ramadan dan Idul Fitri, Luki mengatakan bahwa melakukan tugas keagamaanya di negara non-Muslim terasa berbeda.

"Idul Fitri bukan hari libur di jepang, jadi kami biasanya hanya mengambil hari libur, berdoa bersama di al-jeda masjid di Shinjuku, dan kemudian makan bersama. Kami juga mengunjungi masjid Nusantara di Akihabara dan kemudian pulang," tambah Luki. Pulang lebih awal

Richo Dwi Permadi, yang saat ini menetap di Fukui, jepang, memutuskan untuk pulang lebih awal sebelum ramadhan untuk menikmati liburan singkat dan untuk pernikahannya, yang ditunda selama dua tahun.

"Saya pulang lebih awal, karena setiap orang akan memulai pekerjaan mereka pada tanggal 1 April, dan kami tidak memiliki ramadhan, kata Richo. Dia menjelaskan bagaimana dia melewatkan perayaan bulan suci bersama keluarganya di Indonesia. Tinggal di Fukui, di pinggiran kota 500 kilometer dari Tokyo, benar-benar berbeda, karena tidak banyak orang indonesia yang hidup di sana dibandingkan dengan kota-kota yang lebih besar. Sebagian besar restoran di indonesia juga ditutup karena wabah penyakit tersebut."Komunitas indonesia di sini kecil, dan pilihan makanannya tidak saya sukai. Aku rindu makanan Padang. Sebagian besar restoran di sini mahal untuk siswa atau orang yang baru saja mulai bekerja seperti saya," tambahnya, tertawa.

Makanan favorit Richo Ramadan adalah chicken nuggets.

"Aku masak banyak ayam karena itu mengingatkanku akan rumah," katanya.Lndonesians yang tidak bisa pulang untuk liburan tidak selalu sendirian. Kedutaan indonesia sering mengadakan serangkaian peristiwa selama ramadhan dan Idul Fitri. Karena pandemi, beberapa peristiwa telah dibatalkan, bergantung pada peraturan negara dan aturan sosial yang menjauhkan diri.

Wawan, yang merayakan ramadhan dan Idul Fitri di Darwin pada tahun 2021, bisa merayakan bulan suci bersama sesama orang indonesia.

Uki, bagaimanapun, harus menghabiskan liburannya sendirian di jepang.

"Dengan merayakan hari-hari raya bersama orang indonesia lainnya, saya menyalurkan nikerinduan saya kepada keluarga saya dengan orang-orang dari kampung halaman saya. Tetapi, itu hanya berbeda," kata Wawan.


Kata-kata sifat





Fast : Cepat


Care : Peduli 


Warm : Hangat



Excited : Bersemangat

Komentar